Selasa, 27 Maret 2012

Tinjauan Tentang Ilmu Budaya Dasar


Tinjauan Tentang Ilmu Budaya Dasar
A. Pendahuluan
Mata kuliahilmuBudayaDasaradalahsuatumatakuliah yang membicarakantentangnilai – nilai, tentangkebudayaan, tentangberbagaimacammasalah yang dihadapimanusiadalamhidupnyasehari – hari.Hal inidirasaperlu, karenadirasakankekuranganpadasistempendidikankita, baikpadatingkatmenengah, maupunpadatingkatperguruantinggi.Tanpamemungkiribanyak factor – factor lain yang menyebabkannya, salahsatu yang berpengaruhbesaradalahsistempendidikankita.Tidakdapatdisangkal, bahwaruanglingkuppendidikankitaamatsempitdancondongmembuatmanusia – manusiaspesialis yang tidakberpandanganluas. Para lulusanperguruantinggikitakurangmempunyaitempat yang samauntukberpijak. Merekarelatifeterlalumengasampingkanbidang – bidang yang lain. Initidakberarti, bahwamerekaharusikutcampurpadabidang – bidanglain, tetapiagaknyakeadaanini yang membuatmerekaseakan – akanbutaakanbidang yang lain.
Disinilahdiharapkankegunaanmatakuliahini, agar lulusanperguruantinggikitadarisemuajurusandapatmempunyaisuatukesamaanbahanpembicaraan.Adanyakesamaaninidiharapkan, agar interelasiantaraintelektuilkitalebihseringdenganakibat yang positifbagipembangunannegarakitapadaumumnyadanperbaikanpendidikanpadakhususnya.
Jadisecarasingkatdapatlahdikatakanbahwasetelahmendapatmatakuliahinimahasiswadiharapkanmemperlihatkan :
1.     Minatdankebiasaanmenyelidikiapa – apa yang terjadidisekitarnyadan di luarlingkungannya, menelaahapa yang dikerjakannyasendiridanmengapa.
2.     Kesadaranakanpola – polanilai yang dianutnyasertabagaimanahubungannilai – nilaiinidengancarahidupnyasehari – hari.
3.     Kerelaanmemikirkankembalidenganhatiterbukanilai – nilai yang dianutnyauntukmengetahuiapakahdiasecaraberdirisendiridapatmembenarkannilai – nilaitersebutuntukdirinyasendiri.
4.     Keberanian moral untukmempertahankannilai – nilai yang dirasanyasudahdapatditerimanyadenganpenuhtanggungjawabdansebaliknyamenolaknilai – nilai yang tidakdapatdibenarkan.


B. IlmuBudayaDasarSebagaiBagian Dari Mata KuliahDasarUmum
Ilmubudayadasarmerupakansalahsatukomponendarisejumlahmatakuliahdasar (MKDU) yang merupakanmatakuliahwajib di semuaperguruantinggi, baik yang sifatnyaeksaktamaupun non eksakta.
Secarakhusus MKDU bertujuanuntukmenghasilkanwarganegarasarjana yang berkualifikasisebagaiberikut :
1.     BerjiwaPancasila yang terceminpadakeputusandantindakannya.
2.     TakwaterhadapTuhan Yang MahaEsa
3.     Memilikiwawasankomprehensifdanpendekatan integral dalammenyikapipermasalahandiberbagaiaspek.
4.     Memilikiwawasanbudaya yang luas

C. PengertianIlmuBudayaDasar
SecarasederhanaIlmuBudayaDasaradalahpengetahuan yang diharapkandapatmemberikanpengetahuandasardanpengertianumumtentangkonsep – konsep yang dikembangkanuntukmengkajimasalah – masalahmanusiadankebudayaan.
UntukmengetahuibahwaIlmuBudayaDasartermasukkelompokanpengetahuanbudaya, lebihdahuluperludiketahuipengelompokanilmupengetahuan.Prof.Dr. HarsyaBachtiar, mengemukakanbahwailmudanpengetahuandikelompokkandalamtigakelompokbesar, yaitu :
1.     Ilmu – ilmuAlamiah ( natural science )
Ilmu – ilmualamiahbertujuanmengetahuiketeraturan – keteraturan yang terdapatdalamalamsemesta.
1.     Ilmu – ilmuSosial ( social science )
Ilmu – ilmu social bertujuanuntukmengkajiketeraturan – keteraturan yang terdapatdalamhubunganantarmanusia.
1.     PengetahuanBudaya ( the humanities )
Pengetahuanbudayabertujuanuntukmemahamidanmencariartikenyataan – kenyataan yang bersifatmanusiawi.
D. TujuanIlmuBudayaDasar
PenyajianmatakuliahIlmuBudayaDasartidaklainmerupakanusaha yang diharapkandapatmemberikanpengetahuandasardanpengertianumumtentangkonsep – konsep yang dikembangkanuntukmengkajimasalah – masalahmanusiadankebudayaan.
Untuk bias menjangkautujuantersebutIlmuBudayaDasardiharapkandapat :
1.     Mengusahakanpenajamankepekaanmahasiswaterhadaplingkunganbudaya, sehinggamerekalebihmudahmenyesuaikandiridenganlingkungan yang baru, terutamauntukkepentinganprofesimereka.
2.     Memberikesempatanpadamahasiswauntukmemperluaspandanganmerekatentangmasalahkemanusiaandanbudayasertamengembangkandayakritismerekaterhadappersoalan – persoalan yang menyangkutkeduahaltersebut.
3.     Mengusahakan agar mahasiswa, sebagaicalonpemimpinbangsadannegarasertaahlidalambidangdisiplinmasing – masing.
4.     Mengusahakanwahanakomunikasiparaakademisi agar merekalebihmampuberdialogsatusama lain.

E. RuangLingkupIlmuBudayaDasar
Bertitiktolakdarikerangkatujuan yang telahditentukanatas, duamasalahpokok bias dipakaisebagaibahanpertimbanganuntukmenentukanruanglingkupkajianmatakuliahIlmuBudayaDasar. Keduamasalahpokokituialah :
1.     Berbagaiaspekkehidupan yang seluruhnyamerupakanungkapanmasalahkemanusiaandanbudaya yang dapatdidekatidenganmenggunakanpengetahuanbudaya( the humanities ).
2.     Hakekatmanusia yang satuatau universal, akantetapi yang beranekaragamperwujudannyadalamkebudayaanmasing – masingjamandantempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar